ANALISIS ONLINE MARKETING DALAM PENJUALAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN by Made Nuarta
1. Pemasaran
Menurut (Kotler, 1997), Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain.
Sedangkan Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Dan Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dan menurut saladin (2003:1) pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keingingan dan mencapai pasar sasaran dan tujuan perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan pemasaran adalah proses perencanaan harga, promosi atau pengenalan produk barang atau jasa kepada konsumen sesuai dengan tujuan.
2. Direct Marketing
Menurut kotlher 1996, direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media iklan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung.
Menurut Duncan 2002, Direct marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan mereka menggunakan strategi komunikasi langsung dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong responden pelanggan.
Menurut suyanto 2007, pemasaran langsung merupakan sistem pemasaran yang menggunakan saluran langgsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa melalui perantara pemasaran.
Jadi dapat disimpulkan pemasaran langsung adalah proses dari pemasaran yang langsung berinteraksi dengan masyarakat untuk mendapatkan respon langsung terhadap barang atau jasa yang dipasarkan.
3. Search Engine Optimization
Menurut en.wikipedia.org said Search engine optimization (SEO) is the process of improving the volume or quality of traffic to a web site or a web page (such as a blog) from search engines via "natural" or un-paid ("organic" or "algorithmic") search results as opposed to other forms of search engine marketing (SEM) which may deal with paid inclusion. The theory is that the earlier (or higher) a site appears in the search results list, the more visitors it will receive from the search engine.
Sedangkan abryan.co.cc mengatakan “SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO (Search Engine Optimization) adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO (Search Engine Optimization) selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa menjadi peringkat yang lebih baik di search engine yaitu Nama domain yang bagus Hosting yang stabil dan uptime > 99% dan Keyword Sugestion”
Dan menurut www.metris-community.com “SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode / cara agar Search Engine selalu mengindex website kita diinternet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama”
Jadi dapat disimpulkan Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu cara atau metode mempromosikan website yg sudah terdaftar di situs-situs pencari atau search engine supaya muncul pada halaman depan bilamana para konsumen mencari informasi produk dengan kata kunci yang sesuai dengan jenis produk yang dipromosikan, yaitu dengan langkah -langkah diantaranya ; halaman judul atau tag line dalam di buat sesuai dengan kata kunci dari jenis produk yang dipromosikan di web, halaman depan atau index dari web diisi kata kunci atau keyword sesuai dengan jenis produk, dan memberikan ijin kepada script pencari dari search engine untuk membaca halaman website yang dibuat, serta update kontent secara rutin.
4. Segmenting Pasar
Menurut Swasta, 1996 Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen
Sedangkan Kotler, 1997 Segmentasi pasar ini merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Falsafah ini menunjukan usaha untuk meningkatkan ketepatan penetapan sasaran dari suatu perusahaan. Segmen pasar ini dapat dibentuk dengan banyak cara. Dengan mengacu pada demografi atau gaya hidup, segmentasi pasar dapat dilakukan. Ada beberapa pola berbeda yang akan muncul dalam melakukan segmenatasi pasar ini, yaitu : preferesi homogen, preferensi yang tersebar dan preferensi terkelompok.
Jadi segmenting pasar adalah proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa. Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih. Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
5. Definisi online marketing
Menurut en.wikipedia.org Internet marketing, also referred to as i-marketing, web-marketing, online-marketing, Search Engine Marketing (SEM) or e-Marketing, is the marketing of products or services over the Internet. The Internet has brought media to a global audience. The interactive nature of Internet marketing in terms of providing instant response and eliciting responses, is a unique quality of the medium. Internet marketing is sometimes considered to have a broader scope because it not only refers to the Internet, e-mail, and wireless media, but it includes management of digital customer data and electronic customer relationship management (ECRM) systems.
Sedangkan jogjashop.com 2009, Online Marketing merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi semacam 'brosur online' dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia.
Jadi Internet marketing, juga disebut sebagai i-marketing, web marketing, pemasaran online, atau eMarketing, adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.
Menurut (Kotler, 1997), Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain.
Sedangkan Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Dan Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dan menurut saladin (2003:1) pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keingingan dan mencapai pasar sasaran dan tujuan perusahaan.
Jadi dapat disimpulkan pemasaran adalah proses perencanaan harga, promosi atau pengenalan produk barang atau jasa kepada konsumen sesuai dengan tujuan.
2. Direct Marketing
Menurut kotlher 1996, direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media iklan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung.
Menurut Duncan 2002, Direct marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan mereka menggunakan strategi komunikasi langsung dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong responden pelanggan.
Menurut suyanto 2007, pemasaran langsung merupakan sistem pemasaran yang menggunakan saluran langgsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen tanpa melalui perantara pemasaran.
Jadi dapat disimpulkan pemasaran langsung adalah proses dari pemasaran yang langsung berinteraksi dengan masyarakat untuk mendapatkan respon langsung terhadap barang atau jasa yang dipasarkan.
3. Search Engine Optimization
Menurut en.wikipedia.org said Search engine optimization (SEO) is the process of improving the volume or quality of traffic to a web site or a web page (such as a blog) from search engines via "natural" or un-paid ("organic" or "algorithmic") search results as opposed to other forms of search engine marketing (SEM) which may deal with paid inclusion. The theory is that the earlier (or higher) a site appears in the search results list, the more visitors it will receive from the search engine.
Sedangkan abryan.co.cc mengatakan “SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO (Search Engine Optimization) adalah jelas supaya web/blog kita selalu berada di halaman terdepan dan teratas dari suatu search engine, sehingga dengan selalu diatas, maka besar kemungkinan web/blog kita sering dikunjungi algoritma dan mekanisme suatu search engine tidak bisa diprediksi dengan benar. Banyak faktor dan syarat yang tidak bisa kita ketahui, sehingga SEO (Search Engine Optimization) selalu menjadi Misteri yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan supaya bisa menjadi peringkat yang lebih baik di search engine yaitu Nama domain yang bagus Hosting yang stabil dan uptime > 99% dan Keyword Sugestion”
Dan menurut www.metris-community.com “SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah metode / cara agar Search Engine selalu mengindex website kita diinternet agar setiap proses pencarian dengan keyword melalui search engine dapat ditampilkan pada halaman utama”
Jadi dapat disimpulkan Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah suatu cara atau metode mempromosikan website yg sudah terdaftar di situs-situs pencari atau search engine supaya muncul pada halaman depan bilamana para konsumen mencari informasi produk dengan kata kunci yang sesuai dengan jenis produk yang dipromosikan, yaitu dengan langkah -langkah diantaranya ; halaman judul atau tag line dalam di buat sesuai dengan kata kunci dari jenis produk yang dipromosikan di web, halaman depan atau index dari web diisi kata kunci atau keyword sesuai dengan jenis produk, dan memberikan ijin kepada script pencari dari search engine untuk membaca halaman website yang dibuat, serta update kontent secara rutin.
4. Segmenting Pasar
Menurut Swasta, 1996 Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen
Sedangkan Kotler, 1997 Segmentasi pasar ini merupakan suatu falsafah yang berorientasi pada konsumen. Falsafah ini menunjukan usaha untuk meningkatkan ketepatan penetapan sasaran dari suatu perusahaan. Segmen pasar ini dapat dibentuk dengan banyak cara. Dengan mengacu pada demografi atau gaya hidup, segmentasi pasar dapat dilakukan. Ada beberapa pola berbeda yang akan muncul dalam melakukan segmenatasi pasar ini, yaitu : preferesi homogen, preferensi yang tersebar dan preferensi terkelompok.
Jadi segmenting pasar adalah proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok-kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang serupa. Maksudnya adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran (atau lebih) yang secara tepat sesuai dengan kebutuhan para individu dalam segmen (atau segmen-segmen) pasar yang dipilih. Pengertian lainnya adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk dan jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.
5. Definisi online marketing
Menurut en.wikipedia.org Internet marketing, also referred to as i-marketing, web-marketing, online-marketing, Search Engine Marketing (SEM) or e-Marketing, is the marketing of products or services over the Internet. The Internet has brought media to a global audience. The interactive nature of Internet marketing in terms of providing instant response and eliciting responses, is a unique quality of the medium. Internet marketing is sometimes considered to have a broader scope because it not only refers to the Internet, e-mail, and wireless media, but it includes management of digital customer data and electronic customer relationship management (ECRM) systems.
Sedangkan jogjashop.com 2009, Online Marketing merupakan kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman statis berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi semacam 'brosur online' dan bahkan ‘kantor kedua’ bagi perusahaan-perusahaan untuk menampilkan jati dirinya ke seluruh dunia.
Jadi Internet marketing, juga disebut sebagai i-marketing, web marketing, pemasaran online, atau eMarketing, adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet. Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber.