MICE (Meeting , Incentive, Convention, Exhibition) is Retail Store Tourism oleh I Made Nuarta
KARAKTER PRODUCT INDUSTRI PARIWISATA
Tourism is a service, Transaksi penjualan tidak mengakibatkan pemindahan hak milik. Pada barang-barang berwujud, penjualan mengakibatkan pemindahan hak milik dan barang dapat dipindahkan dari gudang penjual ke rumah pembeli.
Tiap orang melakukan perjalanan wisata dengan motivasi yang berbeda-beda.
Usaha kepariwisataan perantara dalam penjualan (Travel Agent, Tour Operator, Reservation Services, Hotel and Charter Brokers, Cooperative Travel Organizations) merupakan Channel Captain dalam pemasaran produk industri pariwisata dan peranannya sangat menentukan sekali.
Produk masing-masing perusahaan yang terlibat dalam industri kepariwisataan, baru tinggi nilainya bila produk perusahaan yang satu dikombinasikan dengan produk yang lain hingga memiliki nilai yang lebih tinggi bagi wisatawan. Contohnya suatu paket wisata harus terdiri dari kombinasi: transportasi, akomodasi, restoran, objek dan atraksi wisata.
Karena sifat dan karakter produk industri pariwisata yang jauh berbeda dengan produk barang-barang perusahaan manufaktur biasanya, pemerintah ikut membantu suksesnya pemasaran dalam kepariwisataan.
PENGERTIAN PARIWISATA
Pariwisata didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari teori-teori dan praktik-praktik tentang perjalanan wisatawan, aktivitas masyarakat yang memfasilitasi perjalanan wisatawan, dengan berbagai implikasinya.
Pariwisata dikembangkan menurut klaster hospitaliti dan pariwisata. Baker dan Jeremy (2001) mengelompokkan ilmu ini berdasarkan struktur industri sebagaimana Berikut
MANFAAT MICE
Menteri mengatakan, MICE dalam pariwisata merupakan produk unggulan karena kegiatan itu menghasilkan devisa besar, tiga-empat kali lipat lebih besar dari pengeluaran wisatawan biasa yang datang ke Indonesia rata-rata sekitar US$ 900 per kunjungan/orang.
Leigh Harry, Presiden International Congress & Convention Association (ICCA), , MICE bukan hanya menjadi pemasukan devisa, tapi juga dapat membantu perkembangan sebuah kota. MICE juga dapat digunakan untuk membangun reputasi suatu negara dan memperbaiki kualitas hidup serta pendidikan rakyatnya. Pemerintah di Amerika dan Eropa telah sadar soal MICE, juga Australia yang perlahan dapat mengejar ekonominya lewat MICE.
KOMPAS Kamis, 8/4/2010 | 08:31 WIB, Pendapatan Bali Nirwana Resort Sebagian Besar dari MICE
Tourism is a service, Transaksi penjualan tidak mengakibatkan pemindahan hak milik. Pada barang-barang berwujud, penjualan mengakibatkan pemindahan hak milik dan barang dapat dipindahkan dari gudang penjual ke rumah pembeli.
Tiap orang melakukan perjalanan wisata dengan motivasi yang berbeda-beda.
Usaha kepariwisataan perantara dalam penjualan (Travel Agent, Tour Operator, Reservation Services, Hotel and Charter Brokers, Cooperative Travel Organizations) merupakan Channel Captain dalam pemasaran produk industri pariwisata dan peranannya sangat menentukan sekali.
Produk masing-masing perusahaan yang terlibat dalam industri kepariwisataan, baru tinggi nilainya bila produk perusahaan yang satu dikombinasikan dengan produk yang lain hingga memiliki nilai yang lebih tinggi bagi wisatawan. Contohnya suatu paket wisata harus terdiri dari kombinasi: transportasi, akomodasi, restoran, objek dan atraksi wisata.
Karena sifat dan karakter produk industri pariwisata yang jauh berbeda dengan produk barang-barang perusahaan manufaktur biasanya, pemerintah ikut membantu suksesnya pemasaran dalam kepariwisataan.
PENGERTIAN PARIWISATA
Pariwisata didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari teori-teori dan praktik-praktik tentang perjalanan wisatawan, aktivitas masyarakat yang memfasilitasi perjalanan wisatawan, dengan berbagai implikasinya.
Pariwisata dikembangkan menurut klaster hospitaliti dan pariwisata. Baker dan Jeremy (2001) mengelompokkan ilmu ini berdasarkan struktur industri sebagaimana Berikut
MANFAAT MICE
Menteri mengatakan, MICE dalam pariwisata merupakan produk unggulan karena kegiatan itu menghasilkan devisa besar, tiga-empat kali lipat lebih besar dari pengeluaran wisatawan biasa yang datang ke Indonesia rata-rata sekitar US$ 900 per kunjungan/orang.
Leigh Harry, Presiden International Congress & Convention Association (ICCA), , MICE bukan hanya menjadi pemasukan devisa, tapi juga dapat membantu perkembangan sebuah kota. MICE juga dapat digunakan untuk membangun reputasi suatu negara dan memperbaiki kualitas hidup serta pendidikan rakyatnya. Pemerintah di Amerika dan Eropa telah sadar soal MICE, juga Australia yang perlahan dapat mengejar ekonominya lewat MICE.
KOMPAS Kamis, 8/4/2010 | 08:31 WIB, Pendapatan Bali Nirwana Resort Sebagian Besar dari MICE